Pengorganisasian III




Pengorganisasian III 
Menurut Syarafudin dalam Dekdiknas

Tanggung Jawab
Dalam meneriam suatu pekerjaan berarti seseorang mengambil tanggung jawab untuk melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Tanggung jawab adalah kewajiban untuk melakasanakan aktivitas pekerjaan

Wewenang
Wewenag adalah hak untuk memutuskan dan mengarahkan orang-orang dalam suatu tindakan atau untuk melakukan suatu kewajiban dalam mencapai tujuna organisasi paling tida ada tiga karakteristik utama dalam konsep wewenang yaitu 
1. wewenang adalah hak
2. wewenang mencakup tindakan, membuat keputusan, melakukan tindakan, dan melakukan kewajiban
3. wewenang adalah jaminan bagi pencapaian tujuan atau sasaran organisasai

Pedelegasian
Pendelegasian adalah proses pemeberian tanggung jawab sepanjang wewenang yangdibutuhkan konsep delegasi adalah salah satu hal penting bagi manager sebagai kemampuan untuk memperoleh pekerjaan yang dilaksanakan pada pokoknya ada resiko bagi manajer karena berkaitan dengan keberhasilan dan kegagalan pelaksanaan suatu tanggung jawab 

Pertanggung jawaban 
Tidak ada suatu organisasai yang dapat berhasil jika tidak ada sistem pertangung jawaban akuntabilitas adalah jaminan bahwa seseorang yang diusulkan untuk melakukan tugas dalam kenyataannya melaksanakan secara benar pertanggung jawaban dapat dikembangkan dengan beberapa cara diantaranya:
1. Melalui pemeriksaan pribadi/ atau perorangan oleh manager setelah tugas-tugas seseorang diberitahukan kepadanya, manager dapat memeriksa dan melihat apakah pekerjaan itu dilakukan secara sempurna
2.  Bahwa memberikan laporan kepada manajer, laporan ini diatur sedemikian rupa, baik laporan mingguan, bulanan, semesteran.
3.   Melali laporan yang diberikan oleh orang lain para pengawas pengadilan mutu melaporkan tentang pekerjaan seseorang  Demikian pula para pelanggan memberikan laporan tentang lemahnya pelayanan dan kegagalan produk / jelek kualitas produk

Struktur Organisasi 
Struktur organisasai berisikan kerangka kerja organisasai. Kerangka kerja organisasai adalah kompleks, sedang, dan sederhana. Kebanyakan organisasai besar mengunakan kerangka jenis lini dan staf. Jenis ini mengunakan hubungan garis vertikal anatara tingkatan yang berbeda, dan anatara manager dengan bawahannya.

pengorganisasian yang dilakukan dengan benar akan menuai banyak manfaat. Manfaat pertama ialah personil dapat mengetahui hubungan kerja anggotanya sehingga memudahkan untuk bekerjasama. selan
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar