Sarana dan Prasarana Kantor XI



Sarana dan Prasarana Kantor
Administrasi sarana dan prasarana dalam suatu kantor merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang tercapainya tujuan suatu organisasi. Sarana dan prasarana kantor yang lengkap sangat menunjang terhadap proses pekerjaan kantor yang efektif dan efisien. Namun kondisi sarana dan prasarana kantor yang lengkap tersebut tidak berlangsung lama, karena tingkat kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana tidak dapat dipertahankan secara terus menerus. Sementara pengadaan sarana dan prasarana pun tidak datang setiap saat. Oleh karena itu, untuk pengelolaan yang baik dibutuhkan upaya pengadministrasian sarana dan prasarana secara teratur agar kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana dapat dipertahankan dalam waktu yang relatif lama.

1. Menurut Depdiknas

Dibedakan antara sarana dan prasarana.

a. Sarana adalah semua perangkat peralatan, bahan dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses pekerjaan kantor.

Prasarana adalah semua perangkat kelengkap an dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses pekerjaan kantor.

Penekanan pada pengertian tersebut adalah pada sifatnya, sarana bersifat

langsung dan prasarana tidak bersifat langsung dalam menunjang proses pendidikan. '

2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI] ,

a. Sarana adalah segala sesuatu yang dapat di pakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan, di dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan pekerjaan kantor.

b. Prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama sehingga terselenggaranya suatu proses usaha yang berhubungan dengan benda-benda

tidak bergerak, seperti gedung, ruang kantor, dan tanah. Prasarana bisa diartikan sebagai pembekalan kantor.

3. Menurut The Liang Gie
The Liang Gie memberikan istilah dengan kata Perbekalan. Perbekalan kantor itu digolongkan dalam beberapa jenis, yaitu barang lembaran, alat tulis, mesm kantor, perabot kantor, dan perlengkapan kantor._

Berdasarkan pengertian di atas perbekalan mencakup semua barang yang

diperlukan, baik barang bergerak maupun barang tidak bergerak sebagai sarana pendukung pelaksanaan pekerjaan kantor.

4. Menurut Tatang M. Amirin '

Dibedakan antara sarana dan prasarana. a. _Sarana pendidikan adalah segala macam alat yang digunakan secara langsung dalam proses pekerjaan kantor.

b. Prasarana pendidikan adalah segala macam alat yang tidak secara langsung digunakan dalam proses pekerjaan kantor.

Jadi, pengertian sarana dan prasarana kantor menurut beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa sarana dan prasarana kantor dikelompokkan menjadi 2 (dua) kelompok, yaitu:

a. Sarana kantor adalah semua perangkat peralatan, bahan, dan perabot yang secara langsung digunakan dalam proses penyelesaian pekerjaan kantor.

b. Prasarana kantor adalah semua perangkat kelengkapan dasar yang secara tidak langsung menunjang pelaksanaan proses penyelesaian pekerjaan.. kantor.

Tugas:
1. Silahkan rrangkum materi di buku tulis
2. Isi pertanyaan berikut lalu wa ke gr mapel kirim (foto rangkuman dan jawaban soal)

Pertanyaan:
1. Apa pengertian sarana dan prasarana?...
2. Sebutkan Pengertian sarana menurut depdiknas? ....
3. Tulis lima contoh sarana dan prasarana kantor?....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar